Minggu, 02 Desember 2012

Korespondensi dan Jaringan yang (sengaja) terputus

Saya paling seneng yang namanya korespondensi, bukan baru-baru saja, tapi udah lama banget. Dulu sih, jaman belum ada internet, makenya surat atau kartu pos. Isinya sih macem-macem, dari mulai bertukar kata-kata ampe kirim-kiriman souvenir.
Level korespondensi paling jauh jaman saya masih pake surat cuma sampe Jerman, ke seorang kenalan yang bernama Holfman.
Sampai suatu saat jaman modern datang dan membuat korespondensi saya beralih pake yang lebih canggih, email, messanger, dst.
Belakangan saya berkorespondensi sama salah seorang senior-alumnus UGM yang lagi tinggal di Europe. Ceritanya berawal dari keingin tahuan saya akan karya beliau, beliau penulis boo!
Nah dari situlah terbentuk pembicaraan-pembicaraan di dunia yang saya senangi, menulis! 

Uniknya walaupun kami hanya berkorespondensi via email, beliau langsung mencari saya di jejaring sosial dan menambahkan akun saya di daftar teman beliau. Awalnya, pagi hari pas saya buka akun sosmed sempet kaget ada friend request dari beliau, shock dan seneng. Ga nyangka ternyata orang seperti beliau yang notabene bukan kakak kelas saya di fakultas bisa langsung mau menyambung silaturahmi dengan juniornya.
Namun sayangnya sampe sekarang saya belum bisa ketemu beliau karena dulu perjalanan beliau ke Yogyakarta sempat di cancle karena keburu balik ke Europe.
Tapi gapapa lah, saya cukup senang dan antusias ada alumnus UGM yang sukses di luar yang mau jalin silaturahmi dengan saya.


Nah ada cerita lain lagi nih, tentang pengalaman menyambung silaturahmi tapi tidak bisa. Saya pernah mencoba menghubungi kakak angkatan saya, yang notabene beliau hanya berselang beberapa tahun dari saya, sejurusan dan sukses pastinya. Saya mencoba untuk menyambung silaturahmi dengan harapan saya bisa belajar dan dapat sharing ilmu dari beliau. Tapi usaha saya sia-sia, beberapa kali saya mencoba mengirim request ke sosmed beliau, saya selalu ditolak. Wow! saya sempet shock digituin, secara beliau kakak angkatan saya lho, kok iya tidak mau menyambung silaturahmi dengan adek kelasnya. Sejenak saya sempat berfikir dan mengevaluasi sosmed saya, memang akun saya alay ya sampai beliau tidak merespon?
Pernah saya diminta seseorang teman angkatan untuk menghubungi beliau demi merintis hubungan baik dari kami berdua, disitu saya bingung, mau mencoba gimana lha wong sudah beberapa kali dicoba mboten digubris. Teman saya itu lalu memberikan satu kata yang intinya menyuruh saya untuk khusnudhon akan kakak angkatan tersebut.
Ya sampe sekarang saya mencoba khusnudhon tentang beliau, beliau tidak sombong karena kesuksesannya kok, beliau cuma ingin lebih banyak waktu untuk meng- "kepo" saya sebelum beliau mau menerima ajakan saya untuk menjalin silaturahmi dan berkorespondensi.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk menggugah para alumnus jurusan saya untuk mau terus berbagi dengan adik-adiknya, karena kita semua satu keluarga :)



anindita novian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar